Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt





File Corrupt atau dalam bahasa Indonesia adalah File yang dikorupsi merupakan masalah yang sering muncul pada dokumen yang kita simpan di komputer kita, hal ini terjadi oleh banyak hal yang secara kebetulan tidak disengaja oleh Brainware atau penggunanya maupun ulah Software dalam komputer seperti Anti-Virus yang menganggap file tersebut sebagai virus.

Paling banyak dijumpai file yag corrupt adalah file-file Instaler Software yang mengakibatkan aplikasi tersebut tidak bisa di instal karena salah satu sumber dayanya hilang, lalu bagaimana bila File Corrupt menimpa software Pengolah angka semacam Microsoft Excel? kita pasti akan sangat membutuhkan file itu karena sudah susah payang membuatnya ataupun karena deadline yang tidak memungkinkan apabila membuat dari awal, disitulah kami berusaha mengerti dan mencari solusi.

Cara Pertama
Untuk mengatasi File Exel yang Corrupt, cara yang pertama adalah mencoba untuk merubah setelan Software pengolah angka ini, tidak menutup kemungkinan alasan Corrupt disini file dicekal akibat terdeteksi sebagai file berbahaya dan akhirnya terproteksi oleh Excel. baiklah ikuti langkah demi-langkah berikut ini.

1. Buka Microsoft Excel, disini kami menggunakan Excel 2013 namun kami rasa sama saja jika kamu menggunakan Excel 2007 kebawah.
Tampilan Excel 2013

2. Klik Logo Office (File) > Option > Trust Center > Trust Center Settings > Protected View
Dari deretan langkah diatas kamu dikehendaki untuk pergi ke Protected View Setting, nah setelah itu silahkan di hilangkan centang (unchek list) semuanya.

hilangkan semua centang

Klik OK dan silahkan buka kembali File yang Corrupt, apabila masih belum berhasil silahkan lihat cara yang kedua.

Cara Kedua
Cara yang kedua ini masih sama yakni merubah setelan Microsoft Excel, hanya saja ini akan sedikit berbeda, oke langsung saja ikuti langkah demi langkahnya.

1. Klik Office Button (File) > Excel Option > Advanced.
Pada step ini kita akan mengatur pada Advanced Option, jika sudah di step ini silahkan lihat General dan hilangkan chek list (uncheck) pada Ignore other  applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)

jangan centang

2. Klik OK dan selesai. Silahkan buka kembali File yang corrupt, apabila masih terjadi kesalahan silahkan lihat Cara selanjutnya.

Cara Ketiga
Cara yang ketiga kita akan mencoba mengembalikan atau memperbaiki Excel yang Corrupt, kita bisa menyebutnya Repair and Recover yang artinya Memperbaiki dan Menambalnya kembali. silahkan ikuti langkah-langkahnya.

1. Klik Office Button (File) > Open / (Ctrl+O) lalu pilih file yang error, jangan klik open dahulu, lihat step kedua.

2. Pada bagian open klik anak panah kebawah dan pilih Open and Repair.

pilih Open and Repair

3. lalu klik Repair > Close.

Klik Repair

4. Apakah data sudah kembali seperti dibawah ini? jika sudah selamat jika belum, silahkan lanjut ke step 5.
Selesai

5. Buka kembali (step 1) klik anak panah kebawah dan pilih Open and Repair, kemudian klik Extract Data.

Pilih Extract Data

6. Selesai.

Sekarang File Excel kita yang Corrupt sudah bisa dibuka kembali, kami harap teman-teman memberikan hasilnya melalui komentar apakah berhasil atau tidak demi membantu kami apakah cara ini bekerja atau tidak, jika kebanyakan tidak berhasil kami bisa memberikan cara yang lain. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Labels: